Selasa, 12 Oktober 2010

Pertumbuhan Jumlah Penduduk di Indonesia

    Pertumbuhan penduduk akan selalu dikaitkan dengan tingkat angka kelahiran,kematian,dan perpindahan penduduk ke luar maupun ke dalam. Artinya pertumbuhan penduduk itu adalah peningkatan atau penurunan jumlah suatu daerahdari waktu ke waktu. 
     Pertumbuhan penduduk yang sedikit berarti jumlah penduduk yang ada di daerah tersebut mengalami penurunan yang bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya kematian,perpindahan penduduk atau migrasi, dan angka kelahiran yang sangat minim. 
     Sedangkan pertumbuhan penduduk yang banyak atau bisa dibilang padat adalah jika jumlah kelahiran atau perpindahan penduduk dari luar ke dalam lebih besar dari jumlah angka kematian dan perpindahan. Pertumbuhan penduduk di Indonesia sekarang ini sangat padat dan pesat. Banyak sekali masyarakat-masyarakat yang pindah dari desa ke kota untuk mencari pekerjaan. Contohnya di daerah ibukota DKI Jakarta. Banyak sekali masyarakat yang berpindah dari desa ke daerah ibukota tersebut.
     Sepengetahuan saya ada dampak positif dan negatifnya dari pertumbuhan penduduk tersebut., yaitu :
- Dampak Positifnya 
     Pemerintah harus membangun lapangan pekerjaan di daerah-daerah yang jarang penduduknya, supaya masyarakat setempat tidak berpindah dari daerahnya ke daerah lain. Oleh karena itu daerah yang jarang penduduknya bisa berkembang dan semakin maju.

- Dampak Negatifnya
     Bila masyarakat yang jarang penduduknya berpindah ke daerah yang padat seperti Jakarta, Maka semakin banyak yang berpindah semakin sedikit lapangan pekerjaan yang tersedia. Sehingga menimbulkan kemiskinan,kriminalitas, dan lahan untuk mereka bertempat tinggal juga tidak tersedia dan sangat tidak memadai.

Oleh karena itu pemerintah mengadakan program sensus penduduk setiap 5 tahun sekali. Manfaatnya sangat berguna sekali, yaitu untuk memperoleh informasi dasar kependudukan dan perumahan yang diperlukan untuk menilai kinerja pembangunan bangsa di masa lalu, sekaligus menyusun perencanaan pembangunan,kependudukan,sosial,ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat Indonesia di masa yang akan datang.
    









Tidak ada komentar:

Posting Komentar