Kamis, 02 Desember 2010

Pelapisan Sosial Masyarakat Indonesia

Pelapisan sosial merupakan kondisi dimana bagian individu-individu dari suatu masyarakat yang terdiri dari latar belakang yang sama akan saling berkumpul dan akan membentuk suatu kelompok masyarakat sendiri. Hal ini mengakibatkan akan munculnya suatu pelapisan masyarakat atau pelapisan sosial. Pada hakikatnya manusia sebagai mahluk sosial, hal ini dirasa wajar karena individu tentu akan lebih mudah bersama dengan yang memiliki kesamaan latar belakang dll..

Terjadinya pembentukan pelapisan sosial ini sangat beragam, tergantung dengan kondisi yang ada. Biasanya pelapisan sosial berlangsung secara alami sesuai dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri. Misalnya karena latar belakang usia, para lansia akan lebih mudah berkomunikasi dengan lansia. Tetapi ada pula pelapisan sosial yang terjadi secara disengaja, biasanya ini dilakukan untuk mengejar suatu tujuan bersama. Dan dalam sistem ini telahh ditemtuykan siapa pemegang kekuasaan, dll.. Contohnya adalah OSIS di sekolah, organisasi Siswa sengaja dibentuk untuk mengatur segala sesuatu yang akan dilaksanakan disekolah.

Pada dasarnya, pelapisan sosial terbentuk guna membina hubungan antar individunya, atau untuk mencapai suatu tujuan. Tetapi jangan pandang ini sebagai perselisihan, pandang ini sebagai perbedaan yang dapat menyatukan kita. Saling menghairagi dan menghormati antar individu adalah kunci dari semua perselisihan. Dengan begitu maka masalah kesenjangan sosial dan perselisihan antar kelompok masyarakat tidak akan terjadi dan akan terbentuk lapisan masyarakat yang sehat dan cinta damai.

Pendapat saya dari cerita di atas adalah sangat pentingnya pelapisan sosial itu, supaya masyarakat bisa menjaga hubungan yang harmonis dengan yang lainnya untuk mencapai suatu tujuan yang positif.

Thank's a lot... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar